LGO4D SITUS4D

Stanleydaily – Terkait Ketegangan Israel-Iran, Negara-negara LGO4D Ini Terbitkan Peringatan Perjalanan

TEMPO.CO, Jakarta – Negara-negara LGO4D termasuk Prancis, India, Rusia, Polandia dan Inggris telah memperingatkan warganya agar tidak melakukan perjalanan ke Israel, wilayah Palestina yang diduduki dan, dalam beberapa kasus, wilayah yang lebih luas di tengah ancaman serangan Iran sebagai tanggapan atas serangan bulan ini terhadap konsulatnya di Damaskus.

Iran telah mengancam pembalasan terhadap Israel atas serangan di ibukota Suriah pada tanggal 1 April, yang menewaskan tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam, termasuk dua jenderal, yang menyebabkan kekhawatiran akan eskalasi kekerasan di Timur Tengah.

Prancis

Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis pada Jumat menyarankan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Iran, Lebanon, Israel dan wilayah Palestina.

Dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X, kementerian menambahkan bahwa kerabat diplomat yang berbasis di Iran akan kembali ke Prancis dan pegawai negeri sipil Prancis sekarang dilarang melakukan misi apa pun di negara-negara dan wilayah yang dimaksud.

Inggris

Inggris mengatakan kepada warganya untuk menghindari semua perjalanan kecuali perjalanan penting ke Israel dan Palestina karena “kemungkinan serangan terhadap wilayah Israel dari Iran”.

Dalam sebuah pembaruan, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris memperingatkan agar “semua perjalanan” ke Israel utara, Jalur Gaza, daerah-daerah di dekat Gaza dan Tepi Barat yang diduduki – tidak termasuk Yerusalem Timur yang diduduki dan Rute 1 antara Yerusalem dan Tel Aviv.

Rusia

Rusia sangat menganjurkan warganya untuk “menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan ke wilayah tersebut”, dengan menekankan risiko keamanan di Israel, Lebanon, dan Palestina.

“Situasi di zona konflik Palestina-Israel dan juga di wilayah ‘Garis Biru’ antara Lebanon dan Israel masih belum stabil,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

Polandia

Kementerian Luar Negeri Polandia juga menyarankan agar tidak melakukan perjalanan ke Israel, Palestina, dan Lebanon.

“Tidak dapat dikesampingkan SITUS 4D bahwa akan terjadi peningkatan operasi militer secara tiba-tiba, yang akan menyebabkan kesulitan besar bagi mereka yang meninggalkan ketiga negara tersebut,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Eskalasi apa pun dapat menyebabkan pembatasan lalu lintas udara yang signifikan dan ketidakmampuan untuk melintasi perbatasan darat.”

India

Pernyataan India mencakup Iran dan Israel, menyerukan warga India untuk tidak pergi ke kedua negara tersebut sampai pemberitahuan lebih lanjut mengingat “situasi yang berlaku di wilayah tersebut”.

Kementerian Luar Negeri di New Delhi mengatakan warga negara India yang berada di kedua negara tersebut harus melakukan “tindakan pencegahan semaksimal mungkin mengenai keselamatan mereka dan membatasi pergerakan mereka seminimal mungkin”.

Jerman

Sementara itu Jerman memperingatkan warganya untuk meninggalkan Iran secara khusus, dengan mengatakan bahwa meningkatnya ketegangan dapat mempengaruhi rute keluar.

“Dalam ketegangan saat ini, terutama antara Israel dan Iran, terdapat risiko peningkatan yang tiba-tiba,” kata Kementerian Luar Negeri. “Warga negara Jerman menghadapi risiko nyata ditangkap dan diinterogasi secara sewenang-wenang serta dijatuhi hukuman penjara yang lama. Warga negara ganda yang berkewarganegaraan Iran dan Jerman sangat berisiko,” tambahnya.

Secara terpisah, maskapai penerbangan andalan Jerman Lufthansa memperpanjang penangguhan penerbangan ke dan dari Teheran hingga Kamis dan tidak akan menggunakan wilayah udara Iran selama waktu tersebut.

Amerika Serikat

Amerika Serikat telah membatasi karyawannya di Israel dan anggota keluarga mereka untuk melakukan perjalanan pribadi ke luar wilayah Tel Aviv, Yerusalem, dan Beersheba.

Serangan yang akan segera dilakukan oleh Iran terhadap Israel adalah ancaman yang “nyata” dan “dapat dilakukan”, kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby kepada wartawan pada Jumat, seraya menambahkan bahwa Washington akan memastikan Israel “memiliki apa yang mereka butuhkan dan bahwa mereka mampu membela diri.”

Berbicara kepada wartawan pada Jumat, Presiden Joe Biden berkata: “Kami mengabdi pada pertahanan Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu membela Israel, dan Iran tidak akan berhasil.”

Komandan tertinggi AS untuk Timur Tengah, Jenderal Erik Kurilla, juga berada di Israel untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat militer mengenai ancaman keamanan. Perjalanannya diundur dari tanggal yang dijadwalkan sebelumnya “karena perkembangan terkini”, kata juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder pada Kamis.

Setelah Kurilla membahas ketegangan dengan Iran dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Jumat, Gallant mengatakan AS dan Israel “bahu bahu-membahu” dalam menghadapi kemungkinan ancaman.

“Kami siap mempertahankan diri di darat dan di udara, bekerja sama erat dengan mitra kami, dan kami akan tahu bagaimana meresponsnya,” tambah Menteri Pertahanan.

The Wall Street Journal, mengutip seseorang yang mengetahui masalah ini, melaporkan pada Kamis bahwa Israel sedang mempersiapkan serangan oleh Iran pada Jumat atau Sabtu.

Hamdah Salhut dari Al Jazeera, melaporkan dari Yerusalem Timur, mengatakan tentara Israel mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan semua lini secara ofensif dan defensif.

“Beberapa minggu lalu, Israel meningkatkan tingkat kewaspadaan mereka, memanggil pasukan cadangan dan memperkuat sistem pertahanan udara,” katanya, seraya menambahkan bahwa para pejabat Israel mengatakan mereka siap menghadapi apa pun.

Israel telah memblokir Jalur Gaza sejak 7 Oktober dan mengirimkan pasukan darat, menewaskan sedikitnya 33.600 warga Palestina dan melukai lebih dari 76.000 orang. Serangan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan menewaskan lebih dari 1.100 orang di sana.

Israel juga meningkatkan serangan terhadap personel Iran dan sekutunya di Suriah dan Lebanon dan hampir setiap hari melancarkan serangan lintas perbatasan dengan kelompok Hizbullah Lebanon sejak awal perang.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *