LGO4D SITUS4D

Stanleydaily – Pakar sebut LGO4D kejadian TTS akibat vaksin perlu dikaji lebih dalam

Stanleydaily – Dokter Spesialis Penyakit LGO 4D Dalam Alergi-Immunologi Klinik lulusan Universitas Indonesia mengatakan adanya kejadian sindrom trombosis dengan trombositopenia (thrombosis with thrombocytopenia syndrome/TTS) akibat vaksinasi perlu dikaji lebih dalam.

“Di Indonesia kejadian (TTS) saya enggak pernah dengar. Itu belum diteliti, mungkin yang TTS itu trombositnya turun. Belum ada juga penelitian soal hubungan TTS, vaksinasi pada genetika atau ras tertentu,” kata Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp. P. D, Subsp. A. I. (K), FINASIM yang ditemui ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menanggapi ketakutan masyarakat akan jenis vaksin yang menyebabkan efek samping tertentu, Prof. Iris menuturkan kejadian ikutan pasca-vaksinasi (KIPI) memang dapat terjadi pada sejumlah orang tergantung dengan kondisi kesehatannya.

Meski demikian, kasusnya terbilang cukup jarang terjadi apalagi untuk kasus berat seperti TTS di Inggris. TTS sendiri merupakan penyakit yang menyebabkan penderita mengalami pembekuan darah serta trombosit darah yang rendah.

Iris mengatakan hingga hari ini baik pemerintah maupun para dokter juga masih menunggu laporan atas kasus tersebut serta melakukan pengawasan guna mencegah kasus serupa terjadi di Tanah Air.

Adanya penyakit yang diakibatkan oleh KIPI pun, katanya, baru dapat terlihat dalam jarak satu bulan usai mendapatkan vaksinasi. Jika penerima mengaku mengalami KIPI lewat dari batas waktu tersebut, Iris mengatakan ada kemungkinan hal itu disebabkan oleh penyakit lain.

Kalaupun memang masyarakat masih khawatir link lgo4d akan efek samping vaksin AstraZeneca usai kejadian tersebut, Iris menyarankan agar vaksinasi tetap dijalankan namun dengan menggunakan jenis lain seperti yang dibuat oleh Biofarma. Termasuk bila merasakan gejala-gejala KIPI untuk segera diperiksakan ke para ahli seperti dokter auto imun dan penyakit dalam lainnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *