RGO303 Slot303

Stanleydaily – BNPB alokasikan Rp200 juta tangani pasca-bencana RGO303 di Landak Kalbar

Stanleydaily РBadan Nasional  RGO303 LOGIN Penanggulangan Bencana (BNPB) mengalokasikan dana senilai Rp200 juta untuk percepat penanganan pascabencana banjir disertai tanah longsor di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan di Jakarta, Rabu, mengatakan melalui pengalokasian dana bantuan tersebut BNPB menekankan tentang pentingnya upaya pencegahan, termasuk mitigasi dan kesiapsiagaan. Pasalnya bencana banjir itu dipicu oleh berbagai hal, mulai dari faktor cuaca termasuk tata kelola lingkungan yang dikesampingkan.

Pihaknya menilai tanpa ada tindakan untuk memperbaiki lingkungan, maka masalah banjir akan selalu menghantui warga setempat atau setidaknya jika tidak mampu menyelesaikan secara utuh, namun upaya perbaikan lingkungan yang dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak mencatat 6.639 rumah warga terendam dengan ketinggian air mencapai 1,7 meter pada lima kecamatan yaitu Ngabang, Jelimpo, Kuala Behe, Air Besar, dan Sengah Temila, disertai tanah longsor setelah diguyur hujan intensitas lebat pada Rabu (22/5).

Tidak ada laporan korban jiwa atau luka-luka dalam peristiwa alam itu. Namun berdasarkan data Satgas Informasi BPBD Landak, setidaknya 875 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 3.421 jiwa mengungsi akibat banjir tersebut.

Para korban tersebut mengungsi ke posko  LIVE CHAT RGO303 pengungsian di Kantor Kecamatan Ngabang karena rumah mereka terdampak banjir cukup parah. Kemudian tiga jembatan penghubung rusak dan akses jalan di Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Jelimpo putus tergerus tanah longsor.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *